Belajar Corel Draw: Cara Membuat Text Melingkar atau Melengkung

delapantujuh.com – Cara Membuat Text Melingkar atau Melengkung – Corel Draw adalah salahsatu program desain grafis yang paling banyak digunakan, karena Corel Draw memiliki User Interface yang mudah dipahami dan menu-menu mudah dikenal, bahkan untuk pengguna komputer pemula sekalipun. Hasilnya tidak diragukan lagi, karena grafik hasil Corel Draw berbasis vector jadi tidak akan ada kendala mengenai hasilnya walaupun objek dicetak dalam kertas yang besar. Jadi tidak akan ada penurunan kualitas meskipun vector dicetak untuk poster dan baligo yang berukuran besar.

Jika anda mempunyai komputer atau Laptop lebih baik belajar sendiri, tak perlu ikut kursus atau sekolah komputer, di internet sekarang sudh banyak tutorial untuk pembelajaran komputer termasuk belajar penggunaan Software semacam Corel Draw. Kali ini akan saya bagikan tutorial cara menggunakan Corel Draw untuk membuat text melengkung. Simak dengan seksama agar paham dan bisa mengembangkan sendiri.

Untuk membuat text melingkar, kita harus membuat dulu lingkarannya, nantinya text yang dibuat akan mengikuti lengkungan lingkaran yang dibuat. Membuat lingkaran di Corel Draw menggunakan “Elipse Tool” yang berada di samping kiri, atau bisa menekan F7 di Keyboard, lihat gambar di bawah ini untuk mengetahui dimana letak “Elipse Tool”

– Klik “Elipse Tool” arahkan pointer ke tengah halaman dan klik, lalu tarik. Untuk menghasilkan lingkaran yang seimbang tinggi dan lebar maka ketika mouse ditarik sambil menekan CTRL, sebaliknya tidak usah menekan CTRL jika bentuk lingkaran anda ingin mengikuti sesuai tangan. Langkahnya hampir sama untuk anda yang menggunakan LibreOffice draw, namun LibreOffice Draw menggunakan tombol Shift untuk membentuk lingkaran yang seimbang.

Tool Untuk Membuat Lingkaran dan Text

Tool Untuk Membuat Lingkaran dan Text

– Setelah lingkaran terbentuk, klik “Text Tool” di samping kiri anda, lalu ketik text yang ingin anda tulis di mana saja.
– Klik pada text yang anda tulis, lalu klik pada tab “Text” di menu atas aplikasi anda, dan klik “Fit text to Path”

Klik Fit Text to Path

Klik Fit Text to Path

– Arahkan pointer ke lingkarang yang dibua tadi, letakkan text di mana anda menginginkannya, bisa di dalam lingkaran, atau di luar lingkaran. Langkah ini semakin mudah untuk Corel Draw X3 keatas.

Text di dalam Lingkaran

Text di dalam Lingkaran

– Sekarang text sudah terbentuk namun masih menyatu dengan lingkaran, kita harus mengahpus lingkarannya dengan cara klik pada objek lingkaran dan tekan “Delete” di Keyboard, hati-hati jangan sampai text-nya ikut terhapus.
– Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:

Hilangkan Lingkarannya

Hilangkan Lingkarannya

Text melengkung tidak hanya bisa dengan objek lingkaran, tapi bisa juga dengan menggunakan Curve tool, lihat gambar di bawah ini:

Langkanya adalah, buat objek sesuai dengan keinginan anda dengan menggunakan “Free Hand Tool” buatlah objek sesuai keinginan kamu, contohnya lihat saja pada gambar di bawah:

Objek Selain Lingkaran

Objek Selain Lingkaran

Selanjutnya klik “Text Tool”, arahkan pointer ke objek yang baru saja dibuat dengan “Free Hand Tool” sampai pointer berdiri tegak yang menandai Text edit, lalu klik dan tulislah text sesuai dengan keinginan anda, lihat pada gambar di bawah sebagai contoh.

Ketik Text diatas Objek

Ketik Text diatas Objek

Mudah khan, untuk yang masih menggunakan Corel Draw 12 ke bawah, mungkin akan sedikit kebingungan ketika memasukkan text ke dalam objek lingkaran, untuk Corel Draw X3 keatas akan lebih mudah mengerjakannya. Yang saya gunakan adalah Corel Draw X3, untuk anda yang menggunakan versi lain tenang saja karena tidak jauh berbeda. Oke sekian cara membuat Tetxt melingkar di Corel Draw.

Belajar Corel Draw: Cara Membuat Text Melingkar atau Melengkung | delapantujuh | 4.5