Cara Agar Bisa Menulis Nomor KTP di Microsoft Excel

delapantujuh.com – Bekerja dengan Microsoft Excel memang sangat menyenangkan, apalagi jika kita sudah paham mengenai fungsi dan fiturnya secara menyeluruh, excel dirancang auto calculate, sangat membantu sekali untuk digunakan di kantoran. Aplikasi Microsoft excel besutan Windows ini banyak sekali digunakan untuk aplikasi administrasi sekolah semisal aplikasi raport, data base siswa dan juga administrasi lainnya. Microsoft Excel juga bisa digunakan untuk aplikasi buku kas, aplikasi kasir toko dan masih banyak lagi.

Untuk pengguna awam, Microsoft Excel memang terlihat membingungkan, tapi jika sudah paham, akan sangat menyenangkan sekali pengalaman bekerja dengan Microsoft Excel. Kali ini saya akan membahas cara menulis nomor KTP di Excel, sebenarnya bukan hanya nomor KTP saja, tapi juga menulis nomor apa saja yang terdiri dari angka-angka lebih dari 15 digit. Jika angka-angka yang ditulis dalam sebuah sel dan angka-angka tersebut melebihi 15 digit, maka data sel akan error karena seperti yang kami katakan tadi excel itu dirancang auto calculate.

Langkah-langkah menulis Angka dalam Jumlah Banyak di Excel

Perhatikan gambar di bawah, pada baris pertama terlihat sel dengan berisi data nomor KTP yang terdiri dari lebih dari 15 digit angka menampilkan error, lihat di sel di bawahnya angka-angka yang tidak lebih dari 15 digit tidak menampilkan error, untuk mengatasinya ikuti cara berikut:

Klik atau blok sel yang ingin anda tuliskan nomor KTP disana, Pada Tab “Home”, pada grup menu “Number” ada menu drop down yang secara default menampilkan “General”, klik pada menu tersebut, ubah dari “General” ke “Text”, sekarang sel yang anda blok berformat “Text” setelah itu tuliskan nomor KTP yang anda ingin tuliskan, sekarang tidak akan ada lagi tampilan sel error. Agar lebih mudah bisa difahami silahkan lihat gambar-gambar berikut ini:

 

1. Sel Error Ketika Menulis Nomor KTP di Excel

1. Sel Error Ketika Menulis Nomor KTP di Excel

 

2. Ubah Format Sel dari General ke Text

2. Ubah Format Sel dari General ke Text

 

3. Sekarang Bisa Menulis Nomor KTP Tanpa Error

3. Sekarang Bisa Menulis Nomor KTP Tanpa Error

 

Dengan beralih dari “General” ke “text” maka dalam sel tersebut tidak akan berfungsi jika diberi formula atau rumus, jika anda menuliskan formula, maka yang tampil akan menunjukkan kode Formula-nya bukan hasil/Value pada sel tersebut.

Fitur Format Text dalam Excel sendiri itu banyak sekali, seperti mengkonversi data menjadi tanggal, memberi koma pada nilai uang, menghilangkan desimal, membuat desimal, membuat persentase dan masih banyak lagi, untuk pelajaran excel selanjutnya insya alloh akan kami bahas di artikel-artikel berikutnya, pada lain waktu anda boleh kembali ke halaman ini, untuk belajar komputer terutama aplikasi Microsoft Excel.

Lihat juga “Cara Sortir Data di Excel” Sekian tutorial kami mengenai “Cara Menulis Nomor KTP atau angka yang melebihi 15 digit di Microsoft Excel”, semoga bermanfaat, mudah dipahami dan semakin meingkatkan SDM anak bangsa.

Pencarian masuk:

  • cara menulis angka di excel agar tidak berubah
  • cara menulis nik di excel
  • cara menulis nomor ktp di excel
  • cara menulis angka lebih dari 15 digit di excel
  • cara menulis no ktp pada excel
  • cara membuat nomor ktp di excel
  • cara menulis angka di excel
  • format ktp
  • cara menulis no ktp di excel
  • cara menulis NIK KTP di excel
Cara Agar Bisa Menulis Nomor KTP di Microsoft Excel | delapantujuh | 4.5