Cara Install Windows 10 di PC Anda

Sebelum anda melangkah ke instalasi Windows 10, sebaiknya baca dulu apa saja kelebihan dan fitur terbaru Windows 10. Ingin menginstall Windows 10? kami akan memberi tahu anda bagaimana memasang OS PC tercanggih saat ini di PC anda sendiri.

Sebaiknya anda menginstall Windows 10 di Virtual Machine terlebih dahulu untuk melihat apa saja kelebihan Windows 10. Sehingga jika anda kurang puas anda bisa membatalkan instalasi Windows 10.

Ada dua cara Install Windows 10 yaitu dengan cara Upgrade Windows lama anda dan dengan cara Clean install. Jika anda melakukan upgrade secara online maupun offline, maka Windows 10 sudah diaktifasi dengan lisensi 1 tahun. OS yang mendukung Upgrade ke Windows 10 adalah Windows 7 dan Windows 8 dan 8.1.

 

Langkah-langkah Install Windows 10

1. Downliad ISO image Windows 10 dari situs resmi Microsoft. Alternatif lain anda bisa mengunduh web installer di halaman yang sama dan jalankan instalasi secara online.

2. Burn ISO image ke media DVD atau USB. ISO image ini sendiri bisa digunakan untuk Virtual Machine seperti VirtualBox.

3. Sekarang anda bisa menjalankan instalasi Windows 10.

Seperti instalasi OS lain, atur dulu booting PC anda, jika menggunakan DVD atur boot priority dari DVD, jika menggunakan USB, atur boot priority dari USB. Jika PC anda tidak bisa boot melalui DVD atau USB gunakanlah Plop Boot Manager.

Saat instalasi dijalankan tampilannya seperti ini:

Cara Install Windows 10

Klik “Next”

Cara Pasang Windows 10

Lalu akan tampil seperti pada gambar di bawah ini:

Install Windows 10 di PC Jadul

Ada 2 pilihan, upgrade dan clean install. Jika dengan metode upgrade maka nantinya Windows 10 sudah mempunyai lisensi. Jika metode Clean install maka Windows 10 anda harus diaktifasi ulang, sebaiknya pilih metode pertama, jadi anda sudah punya lisensi dan tidak perlu lagi membeli lisensi Windows 10.

Selanjutnya tampilannya akan seperti ini:

Cara Install Windows 10 di Laptop

Pilih di Drive mana anda kan menyimpan sistem Windows 10, pilihlah dimana sistem Windows lama anda tersmpan. selanjutnya klik “Next”.

Selanjutnya akan tampil seperti ini:

Proses Install Windows 10

Tunggu saja hingga selesai. Nanti PC anda akan reboot sendiri, jangan klik apapun sebelum PC reboot ke sistem dengan tampilan settings, anda bisa melangkah dengan kustomisasi sesuai keinginan, atau dengan express setting. Selanjutnya tampilan layar akan seperti ini

Setting Windows 10

Klik Next saja, beberapa langkah selanjutnya tidak akan saya tampilkan, karena intinya anda hanya tinggal Klik next dan next saja sampai anda benar-benar masuk ke sistem Windows 10 dengan tampilan seperti ini.

Tampilan Windows 10

 

Selanjutnya anda bisa setting PC anda sesuai dengan keinginan anda, dan pasanglah oftware-software kebutuhan anda yang biasa anda gunakan.

Oke, demikian langkah-langkah Install Windows 10 dengan media DVD atau USB. Semoga bermanfaat. Nantikan tutorial belajar komputer berikutnya di delapantujuh.com.

Pencarian masuk:

  • cara instal windows 10 di lenovo ideapad 300
Cara Install Windows 10 di PC Anda | delapantujuh | 4.5