Cara Kontrol Kamera GoPro dengan Android Lewat Wi-Fi

Kamera GoPro adalah kamera adventure, tapi anda tidak perlu menjadi petualang untuk menggunakan Kamera GoPro. Desain yang kokoh dan banyaknya fitur di Kamera GoPro membuat kamera ini sekarang menjadi semakin trend. Anda bisa kontrol GoPro menggunakan HP Android dengan bantuan Wi-Fi. Berikut ini cara menggunakan Kamera GoPro dengan Aplikasi GoPro di Android. Harga Kamera GoPro memang masih terbilang tinggi, namun ada alternatif Action cam murah selain GoPro yaitu Kogan Action Cam yang harganya hanya sekitar 500 ribuan saja.

Hubungkan kamera GoPro dengan Smartphone

Untuk memulai, Anda harus mengunduh dan memasang aplikasi GoPro dari Google Play. Hubungkan kamera GoPro ke jaringan Wi-Fi. Perhatikan bahwa menghubungkan ke jaringan Wi-Fi bukanlah sebuah persyaratan, bagaimanapun, karena GoPro dapat bertindak seperti router dan menghasilkan sinyal Wi-Fi sendiri. Sinyal ini mirip dengan koneksi Bluetooth, namun dengan tambahan manfaat menjadi lebih stabil dan memiliki jangkauan yang lebih luas daripada Bluetooth.

Anda dapat mengaktifkan sinyal Wi-Fi di dalam menu ‘Setup’ kamera. Di bawah ini adalah pilihan lain untuk memasangkan kamera dengan perangkat yang disebut ‘Pair’. Pilih opsi ini dan pilih ‘App GoPro’ dan akan meluncurkan aplikasi di Smartphone Anda. Di aplikasi, pilih model kamera GoPro Anda dan cari sinyalnya. Untuk memasangkan perangkat Anda harus memasukkan kode pasangan yang muncul pada layar kamera.

1 Kontrol Kamera Go Pro dengan Android

2 Hubungkan Kamera Gopro dengan Wifi

Jika Anda ingin memasangkannya dengan smartphone baru, itu juga akan meminta kata sandi. Jika Anda lupa, Anda dapat mengatur ulang konfigurasi sinyal Wi-Fi di dalam Setup> Reset cam> Reset Wi-Fi.

Peringatan: Kamera Wi-Fi ini cukup menguras banyak daya baterai, jadi pastikan anda membawa Smartphone dengan baterai yang terisi penuh atau sedia power bank untuk jaga-jaga.

Rekam dari Smartphone Anda

Setelah terhubung ke Smartphone, GoPro dapat dikontrol dari ponsel Android Anda dan memeriksa file yang disimpan ke kartu microSD Anda.

Untuk mengontrol kamera, pilih ‘Control’ di aplikasi untuk melihat preview dari apa yang kamera sedang ditangkap. Ada sekitar satu detik penundaan antara action dan apa yang muncul di layar smartphone. Kualitas streamingnya tidak bagus tapi memungkinkan Anda melihat dan mengontrol rekaman. File rekaman tentu saja akan memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi daripada yang Anda lihat di layar.

3 Preview Rekaman GoPro dengan Android

Dari Smartphone Anda, Anda dapat mengontrol awal dan akhir rekaman, mengubah mode (video, foto, time lapse, dll.) Dan Anda juga dapat mengakses menu yang mengontrol resolusi dan frame per second dengan menekan ikon spanner. Ini jauh lebih mudah daripada dari kamera.

Bagikan video Anda

Untuk melihat video dan foto di dalam kamera, masuk ‘Media’ atau klik pada ikon persegi dari perekaman. Di Smartphone, Anda dapat melihat dan memutar semua video dan foto yang telah Anda rekam dengan kamera. Selain itu, Anda juga bisa mendownloadnya ke smartphone untuk share di jejaring sosial.

Edit video di Aplikasi GoPro

Aplikasi GoPro memungkinkan untuk trim video (5s, 15s, 30s, dll.) Namun Anda juga dapat mendownload klip ke Smartphone Anda dan mengeditnya dengan aplikasi pengeditan video. Saat Anda mendownload video atau foto dari kamera GoPro ke telepon Anda, semuanya akan disimpan dalam folder dalam memori internal. Rutenya adalah DCIM> com.gopro.smarty, di mana Anda akan menemukan dua folder. Salah satunya disebut ‘Clips’ untuk video yang telah diedit dengan aplikasi, dan yang lainnya disebut ‘GoPro’ untuk video yang telah masuk ke Smartphone Anda.

4 Share dan Edit video GoPro Android

Jika Anda rekam video 4K dan ingin mengedit video di ponsel Anda, Anda harus memilih Aplikasi versi berbayar. Alternatifnya anda bisa menggunakan KineMaster untuk mengedit video. Video yang direkam di 4K, namun aplikasi mengubahnya menjadi Full HD, yang merupakan resolusi maksimum yang dapat Anda ekspor pada video yang diedit.

Dengan bantuan Aplikasi GoPro, anda bisa menyimpan Kamera anda di Tongsis dan mengontrolnya dari HP Android, jadi saat pengambilan gambar atau video dijamin tidak akan ada goncangan tangan yang akan mengakibatkan video dan gambar tidak maksimal, lihat cara menggunakan Action Cam dengan Tongsis.

Pencarian masuk:

  • Gopro buat hp vivo y55
  • vivo Y55 kenapa pengaturan Go keybour di peringatan karena menggunakan daya tinggi
Cara Kontrol Kamera GoPro dengan Android Lewat Wi-Fi | delapantujuh | 4.5