Cara Menampilkan Layar Android di Monotor atau TV VGA

Cara Menampilkan Layar Android di Monotor atau TV VGA  – Mau presentasi atau ngajar di kelas menggunakan monitor tapi perangkat yang digunakan hanyalah sebuah ponsel? Bisa saja dengan bantuan beberapa alat dan kabel tambahan. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, ponsel sekarang ini sangat membantu dalam urusan bisnis, coba lihat artikel saya sebelumnya cara menggunakan USB Mouse dan keyboard secara bersamaan di ponsel Android dengan bantuan kabel OTG.

Kali ini akan saya bahas cara menampilkan layar Android di monitor atau TV yang support VGA kabel. Ada beberapa keuntungan menampilkan layar Android di monitor, misalnya menonton video dengan kualitas HD, tidak puas dengan layar kecil saat memainkan game atau untuk urusan presentasi yang memerlukan monitor besar karena akan dilihat oleh banyak orang.

Langsung saja, berikut ini beberapa komponen kabel yang dibutuhkan untuk screen mirror Android to LCD monitor.

1. Kabel HDMI female to 2 Micro USB Male + Female (Micro USB male untuk disambungkan ke Smartphone, sedangkan Micro USB female untuk memberikan power ke kabel HDMI tersebut, power sendiri bisa dari Laptop, charger ponsel atau power bank).

Harganya sekitar 100 ribu hingga 150 ribuan, ini penampakan HDMI to Micro USB:

Micro USB to HDMI
2. Kabel VGA Female to HDMI male (Kabel HDMI female akan disambungkan ke kabel VGA male yang biasanya sudah ada dengan monitor bawaan, sedangkan HDMI male akan disambungkan dengan HDMI female di nomor 1)

Harganya sekitar 150 ribu hingga 250 ribuan. Seperti ini gambarnya:

Kabel VGA female to HDMI male

3. Charger Micro USB, biasanya ada di bawaan ponsel Android atau anda bisa membelinya secara terpisah, ini disambungkan ke Micro USB female sebagai pemberi daya pada kabel HDMI nomor 1.

Harganya sangat murah dari mulai 10 ribuan saja. Seperti inilah charger ponsel Micro USB:

Micro USB Charger

Setelah semua siap, anda tinggal sambungkan kabel satu persatu dari monitor VGA ke HDMI, HDMI ke Micro USB ponsel, sambungkan colokan charger USB ke kabel Micro USB femal di kabel HDMI nomor 1.

Seperti ini pemasangannya:

 

Selesai akhrinya tampilan Android anda akan tampil di layar monitor, jadi nonton video, main game, presentasi lebih mudah puas lagi dengan layar yang besar.

Apakah bisa ditampilkan di layar TV?
Bisa asalkan TV nya sudah support VGA, jika TV tersebut belum memiliki kabel VGA, maka harus membeli kabel VGA secara terpisah.

Apakah bisa ke projector atau infocus?
Bisa, karena fungsinya sama dengan monitor biasa.

Cara Menampilkan Layar Android di Monotor atau TV VGA | delapantujuh | 4.5