Cara Menampilkan Soft Button Keys Bawah di HP Xiaomi MIUI

Cara mengaktifkan virtual keys di HP Xiaomi – MIUI adalah salah satu ROM Android yang sangat terkenal, ROM ini bisa juga dipasang di HP selain Xiaomi yang khusus. Saya sendiri memegang HP Xiaomi Redmi 1s, meskipun sudah tergolong usang, namun saya selalu mendapat update ROM versi terbaru dari developer resmi Xiaomi meskipun OS Androidnya masih tetap KitKat.

Salah satu kelemahan MIUI menurut saya adalah tidak adanya Soft keys atau soft button yang ada di bawah, Xiaomi membiarkan soft keys bawaan yang tidak bisa menyala, kadang-kadang suka kurang nyaman jika memakainya di malam hari karena soft keys nya tidak terlihat. Jika ingin menampilkan soft button, maka kita perlu bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan soft keys ini.

Soft button atau soft keys HP Xiaomi sendiri ada 3:

1. Kiri adalah tombol recent Apps, atau jika diklik tahan lama berfungsi untuk mengkustomisasi tampilan screen user interface.

2. Tengah adalah tombol home screen.

3. Kanan adalah tombol Back (kembali) atau penutup aplikasi.

Oke langsung saja kita ke langkah-langkah menampilkan soft keys di HP Xiaomi yang sebenarnya ini bisa diterapkan di HP merk apa saja yang tidak memiliki soft button.

1. Pertama pastikan HP anda sudah dalam keadaan diroot, atau punya hak akses ke root. Untuk yang ini kita perlu menginstall Supersu, download SuperSU disini https://s3-us-west-2.amazonaws.com/supersu/download/zip/SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Simpan di luar folder di internal directory file Manager ponsel.

Langkah-langkah root ponsel Xiaomi dengan SUperSU:

  • Pergi ke “Tools” dan pilih “Updater”.
  • “Select Installation file”, pilih file Super SU yang sudah didownload tadi.
  • klik “Update Now”.
  • Setelah update selesai, pilih “Reboot now” untuk masuk ke sistem.

Install SuperSU flashable sama dengan kita menginstal ROM baru seperti flashing HP Xiaomi dengan ROM terbaru.

2. Selanjutnya download dulu aplikasinya di Google Play Store bernama “[Root] soft buttons” jika anda memasukkan kata kunci “Soft Buttons” biasanya hasil pencarian akan berada di paling atas Play Store.

Root Soft Button

Untuk lebih cepat silahkan download melalui link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=net.alviano.android.softbuttons&hl=en

Selanjutnya tinggal install aplikasi seperti biasanya.

3. Buka aplikasi Soft buttons, dan klik “OPEN MENU” dan pilih “virtual keys menu” dan pilih “Enable virtual keys”.

Virtual Keys Menu

Enable virtual keys

Yes Proceed

4. Step selanjutnya aplikasi akan meminta akses ke root, yang kita lakukan adalah klik “YES, PROCEED” jika SuperSU meminta tinggal klik “Grant”.

5. Step terakhir reboot ponsel.

Silahkan lihat video berikut ini untuk lebih memahami secara langsung.

 

6. Tampilan Soft button setelah diaktifkan akan seperti gambar di bawah yang memiliki fungsi sama dengan hard button bawaan HP Xiaomi.

Tampilan Virtual keys sesudah diaktifkan

Demikian trik menampilkan soft button di HP Xiaomi MIUI, tentunya ini bisa diterapkan di ponsel lain selain Xiaomi, baik MIUI 6, 7, 8, dan 9 juga bisa menggunakan cara ini untuk menampilkan virtual keys.

Pencarian masuk:

  • cara menampilkan sofkeys di xiaomi
Cara Menampilkan Soft Button Keys Bawah di HP Xiaomi MIUI | delapantujuh | 4.5