Cara Mengatasi Brightness Control yang Tidak Bekerja di Windows 10

Cara Mengatasi Brightness Control yang Tidak Bekerja di Windows 10 – Microsoft menambahkan Windows 10 pada keluarga OS PC besutan Microsoft. Windows 10 adalah update dari versi sebelumnya Windows 8.1. Banyak yang mengklaim Windows 10 ini adalah perpaduan antara Windows 7 dan 8, dalam hal utilitas dengan Windows 7 dan tampilan bergaya Windows 8. Namun ternyata peluncuran OS baru mereka mendapat respon yang beragam, bahkan tidak sedikit vendor hardware yang kecewa karena perangkat keras mereka tidak bekerja atau bekerja tidak sempurna di Windows 10, hal ini membuat vendor hardware kembali bekerja keras untuk mengupdate softwarenya dan menyesuaikan dengan Windows 10.

Salahsatu yang paling banyak mendapatkan kritik adalah masalah pada pengaturan kecerahan layar di Windows 10, sebenarnya kasusnya sama dengan Windows 8. Saat menginstall Windows 10 pertama kali kontrol kecerahan layar tidak berfungsi. Mengatur kecerahan layar sangat penting bagi pengguna komputer, layar yang terlalu silau akan membuat pengguna PC cepat lelah juga membuat boros baterai Laptop.
Untuk mengatasi Kontrol kecerahan layar yang tidak bekerja, maka kita harus melakukan beberapa langkah update software hardware di PC anda, berikut caranya:
  • Buka Start Menu > Search tuliskan Device Manager.
  • Scroll dan arahkan mouse ke menu Display adapters.
  • Selanjutnya Expand menu sampai terlihat adapter yang terinstall di PC anda, lalu klik kanan pada driver yang terinstall tersebut dan klik Update Driver Software pada Context menu yang ada.
  • Pilih Search automatically for updated driver software pada menu yang ada.
  • Windows 10 akan secara otomatis mendownload driver versi terbaru untuk Video Card PC anda melalui koneksi internet yang terdeteksi.
 Mengatasi Brightness Control yang Tidak Bekerja di Windows 10
 Mengatasi Brightness Control yang Tidak Bekerja di Windows 10
  • Jika downloading driver telah selesai, maka nantinya akan ada pesan bahwa driver terbaru anda sudah sukses terinstall.
  • Langkah selanjutnya silahkan reboot PC anda jika tombol Brightness belum bekerja.
Jika langkah diatas belum mengatasi Tombol Control Brightness yang tidak bekerja, maka cobalah untuk mengikuti metode kedua dibawah ini, setelah menjalankan metode pertama.
  • Buka Start Menu > Search tuliskan Device Manager.
  • Scroll dan arahkan mouse ke menu Display adapters.
  • Selanjutnya Expand menu sampai terlihat adapter yang terinstall di PC anda, lalu klik kanan pada driver yang terinstall tersebut dan klik Update Driver Software pada Context menu yang ada.
  • Pada menu yang ada, pilih opsi “Let me pick from a list of drivers on my computer”
  • Pada layar berikutnya, pilih Microsoft Basic Display Adapter dibawah menu compatible hardware, kemudian klik “Next” untuk ke langkah selanjutnya.
  • Selanjutnya windows akan menginstall diver sesuai opsi yang dipilih di langkah sebelumnya. Sekarang control Brightness sudah bisa bekerja.
Jika kedua langkah diatas mengalami kegagalan, maka cara lain adalah dengan mengupdate Windows, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut;
  • Buka “PC Settings”
  • Klik Update and Security
  • Kemudian klik “Check for Updates”, selanjutnya Windows akan mendeteksi file-file update, selanjutnya klik “Update”, maka secara otomatis akan mendownload dan menginstall software terbaru untuk Windows anda, ini bukan hanya mengupdate driver tapi update secara keseluruhan sistem Windows 10 anda, pastikan kuotanya cukup karena data yang akan didownload cukup besar.
  • Tunggu hingga selesai 100%. Jika sudah maka secara otomatis kecerahan layar bisa diatur sekarang, jika masih belum bekerja cobalah untuk mereboot Windows anda.
Cara update Windows 10
Cara update Windows 10
Cara update Windows 10
Jika anda sering online, maka langkah update Windows sebenarnya sudah berjalan secara otomatis asalkan PC disetting “Windows update” secara otomatis. Untuk memastikan bahwa Windows anda otomatis menginstall software versi terbaru maka bisa dilihat melalui Control Panel.
  1. Klik Start menu
  2. Ketikan “Control Panel”
  3. Klik “Control Panel”
  4. Klik “System and Security”
  5. Pada bagian menu “Windows update”, klik “Turn automatic on or off”.
  6. Dibawah menu “Important updates”, pilih “Install update automatically”
  7. Klik “OK”
Control Panel di Windows 10
Control Panel di Windows 10
Control Panel di Windows 10 - Windows update
Pengalaman saya, karena saya sering online, maka software Windows secara otomatis terdownload dan terinstall memperbaharui software yang sedang digunakan, bahkan jika anda saat ini menggunakan Windows 8.1, maka akan secara otomatis terinstall Windows 10 dengan sendirinya jika sering online. Informasi selengkapnya untuk Windows update bisa mengunjungi website resmi Microsoft.
Bagaimana untuk Windows 8.1? Langkahnya sama saja, hanya saja tampilan Windows 10 sedikit memiliki perbedaan, sementara di Control Panel nyaris tidak ada perbedaan antara Windows 7, 8, 8.1 dan 10. Demikian ulasan saya, semoga bermanfaat.
Cara Mengatasi Brightness Control yang Tidak Bekerja di Windows 10 | Muhamad Latif | 4.5