Cara Mengatasi Masalah USB OTG yang Putus Nyambung/ Tidak terdeteksi

Teknologi Kabel USB On the Go atau OTG sudah ada sejak zaman ponsel Symbian, apalagi sekarang eranya Android yang semakin canggih, teknologi secanggih Android bisa dinikmati dengan ponsel kurang dari sejutaan saja. Berbicara tentang USB OTG, sebaiknya anda baca dulu cara mengetahui perangkat Smartphone support OTG atau tidak.

Jika memang tidak support, maka anda tidak bisa menggunakan USB OTG sebagai transfer data melalui perangkat USB semacam flashdisk atau HDD. Jika memang sudah diketahui perangkat anda support OTG atau tidak, barulah anda bisa menggunakan media penyimpanan USB untuk keperluan baca, copy, move, delete berbagai file yang ada dalam media USB.

Namun, ternyata tidak semua USB Flashdisk dapat dibaca dengan USB OTG, ini berkaitan dengan masalah power. Jika USB flashdisk dicolokan ke Laptop, biasanya tidak akan ada kendala USB tidak terbaca, kecuali jika flashdisk-nya memang sudah rusak.

Saya pernah mencoba mencolokan beberapa media penyimpanan USB ke OTG yang disambungkan ke Smartphone, Flashdisk bermerk Kingstone tidak terbaca di OTG Xiaomi Redmi 1s saya, kadang-kadang terbaca dan putus lagi, sementara flashdisk merk Toshiba dapat terbaca dengan baik dan lancar. Saat mencolokan USB HDD external ke OTG, tidak terdeteksi sama sekali.

Jika anda mengalami masalah yang sama persis seperti yang saya alami, maka ada beberapa cara yang mungkin bisa mengatasi ini, berikut saya ulas.

1. Gunakanlah USB OTG yang sudah ada kabel USB power supply
Biasanya daya yang masuk ke USB flashdisk atau USB HDD tidak mencukupi, dengan memberinya power supply maka masalah power akan bisa teratasi dan hubungan antara Smartphone, OTG cable dan USB dapat berjalan lancar.

Gambar Tipe USB yang ada power supply-nya kira-kira seperti ini:

USB OTG dengan USB Power Supply
2. Masalah file system
Kadang file system yang digunakan USB flashdisk tidak bisa dibaca karena menggunakan format NTFS, jika cara ke-satu masih belum menemukan solusi maka USB harus diformat dulu ke format fat32 melalui PC. Awas, data-datanya backup dulu ya, karena memformat USB akan menghapus semua file yang ada di dalamnya.

Langkah yang kedua sangat jarang terjadi, karena biasanya semua file system sudah bisa dibaca di HP Android yang terbaru.

Begitulah kira-kira cara mengatasi USB flashdisk yang tidak terbaca di USB OTG HP Android. HP Android yang dimaksud disini tipe apa saja, baik itu Samsung, Xiamomi Redmi 1s, Redmi note 3, Redmi note 4 dan merk-merk lainnya.

Baca juga, cara menggunakan USB keyboard dan mouse secara bersamaan di HP Android.

Pencarian masuk:

  • cara mengatasi FD yang putus nyambung
  • atasi otg putus nyambung
  • cara mengatasi printer tidak terdeteksi kabel otg
  • cara menyambungi usb ke internet di xiami 4a
  • flashdisk putus nyambung
  • kenapa otg di smartphone putus nyambung
Cara Mengatasi Masalah USB OTG yang Putus Nyambung/ Tidak terdeteksi | delapantujuh | 4.5