Cara Menghidupkan USB Debugging di HP Jenis Samsung Apa Saja

Cara menghidupkan USB debugging di HP Samsung – Fungsi dari USB debugging ini banyak sekali, namun lebih diperuntukkan untuk para pengguna tingkat lanjut. Cara enable USB debugging sama saja di semua HP Samsung, baik itu Samsung J-series, S-series, A-series dan bahkan sampai Samsung Galaxy note series. Sebenarnya hampir tidak ada bedanya dengan menghidupkan USB debugging di HP Xiaomi, namun user interfacenya saja yang tentu berbeda.

Pengertian USB Debugging

USB Debugging Mode adalah satu hal yang tidak bisa Anda lewati untuk mengetahui apakah Anda adalah pengguna Android. Fungsi utama mode ini adalah untuk memudahkan koneksi antara perangkat Android dan komputer dengan Android SDK (Software Development Kit). Sehingga bisa diaktifkan di Android setelah menghubungkan perangkat langsung ke komputer via USB.

USB Debugging Mode, di beberapa versi Android, juga disebut Developer Mode. Maka relatif mudah bagi Anda untuk memahami bahwa Mode Debugging USB ini menetapkan koneksi langsung antara Perangkat Android dan komputer dan mempersiapkannya untuk tindakan tingkat lebih dalam. Anda mungkin menemukan notifikasi saat USB disambungkan.

Apa itu USB Debugging?

Anda mungkin sudah tahu bahwa USB Debugging Mode memberi Anda tingkat akses ke perangkat Anda. Mode ini disebut Mode Pengembang (developer mode), memungkinkan aplikasi yang baru diprogram untuk disalin melalui USB ke perangkat untuk pengujian. Bergantung pada versi OS dan utilitas yang terinstal, mode harus diaktifkan agar pengembang membaca log internal.

Tapi itu lebih dari itu. Ada beberapa manfaat yang tidak terkait pengembangan dari tingkat akses baru ini yang dapat memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk mengontrol perangkat Anda. Misalnya, dengan Android SDK, Anda mendapatkan akses langsung ke telepon melalui komputer dan memungkinkan Anda melakukan berbagai hal atau menjalankan perintah terminal dengan ADB. Perintah terminal ini bisa membantu Anda mengembalikan telepon yang sudah lelet. Jadi mode ini adalah alat yang berguna bagi pemilik Android yang berjiwa petualang.

Baca juga: cara mengetahui smartphone support USB OTG atau tidak

Cara Mengaktifkan USB Debugging di semua HP Samsung

  1. Buka “Settings”
  2. Buka “About Phone”
  3. Ketuk hingga puluhan kali pada “Build number” hingga ada notifikasi “Developer option”
  4. Kembali dan buka “Developer option” pastikan tercentang di paling atas.
  5. Di bagian bawah pastikan mode “USB debugging” dalam keadaan on.

Lihat pada video berikut untuk pemahaman lebih lanjut;

 

Sekarang mode USB debugging sudah aktif, anda bisa melakuka Flashing custom ROM, Custom recovery, atau kontrol ponsel langsung dari komputer. Kadang-kadang memflash ROM atau custom recovery tidak melulu melalui PC, dan jika flashing custom ROM tanpa PC maka USB debugging mode tidak diperlukan, namun jika flashing menggunakan PC dan butuh sambungan kabel USB, maka developer option dan USB debugging mode merupakan sebuah keharusan.

Di artikel selanjutnya akan saya ceritakan juga, cara mengaktifkan USB debugging dan developer option di HP ASUS dan Vivo.

Cara Menghidupkan USB Debugging di HP Jenis Samsung Apa Saja | delapantujuh | 4.5