Cara Setting Mifi Smartfren Andromax M3Z dan M3Y 4G LTE

Setelah sebelumnya saya mencoba review Andromax M3Z dan M3Y, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Mifi Smartfren Andromax M3Z. Memang tidak ada perbedaan yang jauh antara keduanya, hanya chipset dan baterai saja yang membedakan spesifikasinya. Dari kualitas sinyal pun sama saja. Yang membuat saya tertarik membeli Andromax m3z adalah pada bonus data Smartfren kuota 30 GB. Kuota tersebut dapat digunakan selama 24 jam, hanya dibagi menjadi dua bagian, 12 GB dapat langsung digunakan setelah kartu pada Mifi diaktifkan, sedangkan yang 18 GB lagi akan bisa digunakan jika mengisi pulsa pertama kali. Bonus paket tersebut berlaku selama 1 bulan, dan jika mengisi pulsa, akan ditambah masa aktif bonusnya.

Yang akan saya bahas disini adalah panduan cara setting Smartfren Andromax m3z, harus anda ketahui bahwa user interface software Mifi Andromax 4G sama antara M3y dan m3z. Cara settingnya sama saja dengan pengaturan Andromax m2y yang sudah saya ulas beberapa bulan yang lalu, hanya ada beberapa sedikit perbedaan dalam pengaturannya. Jika anda berminat ingin membeli Modem WiFi 4G LTE buatan Smartfren ini, anda bisa membaca terlebih dahulu ulasan saya di Kelebihan dan kekurangan Andromax M3z dan m3y dan spesifikasi dan perbedaan keduanya, namun jangan harap ada peningkatan kecepatan dari m2y dan m2p sebelumnya, karena sudah saya tes ternyata kecepatannya tetap sama. Hanya saja, saya pernah baca di internet bahwa Mifi yang sudah digunakan lebih dari 6 bulan penangkapan sinyal dan area jangkauan Wi-Fi menjadi semakin lemah.

Cara Pengaturan Andromax M3z dan M3y

1. Buka http://andromax.m3z/ untuk pengguna Andromax M3Z atau http://andromax.m3y/ untuk pengguna Andromax M3Y. Jika menancapkannya langsung ke PC, disarankan untuk menginstall aplikasinya, layaknya memasang software Modem Smartfren EVDO seperti biasa.

2. Klik “Login” di pojok kanan atas, seperti nampak pada gambar di bawah, dan isikan username “admin” dan pssword “admin”, ini bisa kita ganti dengan username dan password sesuai keinginan kita. Fungsi login disini adalah untuk mengetahui berapa kuota yang tersisa di nomor kita.

Klik login di pojok kanan atas

Gambar Login Admin

3. Klik pada “Connection” untuk mengetahui data yang sudah terdownload dan terupload menggunakan Mifi dan nomor ini.

4. Sekarang kita menuju ke “Setting”.

– Pada “Quick Setting” Wi-Fi SSID isi dengan nama SSID Mifi anda, isi sesuai keinginan anda, sebaiknya isi dengan nama yang mudah diingat, SSID ini yang akan terdeteksi oleh Wi-Fi Laptop dan Smartphone jika koneksi Wi-Fi di perangat tersebut diaktifkan.

Gambar Quick Setting

– Pada “Security Mode” pilih “secure”

– Wi-fi key isi dengan password anda, ini harus diisi untuk mencegah pengguna yang tidak diinginkan. Defaultnya berupa angka yang ada di belakang kemasan, ubahlah untuk keamanan.

– Login Password isi dengan Password anda, secara default adalah “admin” ubahlah untuk mencegah pengguna lain masuk ke admin Mi-Fi anda.

– Pada “Wi-Fi setting”, Wi-Fi SSID biarkan jika anda sudah mengubahnya melalui Quick Seting. Pada bagian Channel biarkan auto, Security mode biarkan default, WPA Option biarkan default, Wi-Fi key biarkan jika anda sudah mengubahnya melalui menu Quick Setting. Wi-Fi module sebaiknya disable, SSID Broadcast sebaiknya Disable untuk mencegah perangkat lain macam Smartphone atau Laptop melacak keberadaan Wi-Fi anda. Max User sebaiknya dibatasi sesuai kebutuhan anda dan keluarga secara default hingga 32 pengguna.

Gambar Wifi Setting

– Pada bagian “Network Setting” dan “Network Operators” jangan mengubah apapun, biarkan default saja pengaturannya.

-Bagian “Admin Setting” ubahlah, ini adalah akses ke Web admin Mifi anda. Login Timeout isi terserah anda. Pada bagian “Device Power Save” disarankan untuk diaktifkan 10 min, ini untuk menghemat baterai, jadi jika Mi-Fi tidak digunakan dalam waktu 10 menit maka Mifi anda akan mati dan harus menekan tombol power untuk menyalakannya lagi, anda bisa set 10 menit, 20 menit, 30 menit dan 40 menit.

Gambar Admin Setting

– Storage Setting adalah menu untuk mengatur Micro SD yang dipasangkan di Mifi anda.

– Pada bagian “Advance” disarankan untuk mengikuti pengaturan bawaan Mifi. Anda bisa mengubah DNS melalui menu DDNS untuk membuka web yang tidak terbuka dengan ip bawaan modem.

5. Pada menu My Smartfren, anda bisa mengetahui sisa pulsa, sisa kuota dan bonus nomor Smartfren yang sedang digunakan. Anda juga bisa membeli dan berhanti paket disini, jadi jangan khawatir jika mengisi pulsa, anda bisa mengetahui pulsa yang dimiliki di bagian ini.

Gambar My Smartfren di Admin Mifi Andromax

Anda juga bisa menggunakan aplikasi My Smartfren untuk mengakses setting Admin Smartfren Mifi dan juga mengetahui status paket internet, beli paket, berhenti paket, cek kuota dan cek bonus di kartu Smartfren yang sedang digunakan.

Download Aplikasi My Smartfren

Selain melalui alamat http://andromax.m3z/ anda juga setting admin Mifi melalui aplikasi My Smartfren yang bisa disownload disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.smartfren, cara pengaturan dan User Interface-nya sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Bagaimana, anda tertarik menggunakan Modem Wi-Fi Andromax M3z dan M3y?

Harga Andromax M3Y dan M3Z

Harga M3z dan M3y saat ini adalah Rp. 300.000 rupiah, baik di Galeri Smartfren atau di Toko-toko elektronik di kota anda atau membeli di Toko online macam Lazada, Bukalapak, Bhinneka, Blibli, Elevania, Tokopedia semua harganya sama. Jika anda ingin membeli secara online, alangkah baiknya baca dulu cara membeli barang secara online di Bukalapak dan Lazada yang sudah saya tulis beberapa waktu lalu. Sekian, terima kasih.

Pencarian masuk:

  • cara cek kuota andromax m3z
  • andromax m3z admin
  • http andromax m3z
  • http //andromax m3z
  • cek kuota andromax m3z
  • cara menggunakan mifi andromax m3y
  • cara cek kuota andromax m3y
  • cara aktivasi andromax m3z
  • aktivasi andromax m3z
  • cara mengaktifkan mifi m3z
Cara Setting Mifi Smartfren Andromax M3Z dan M3Y 4G LTE | delapantujuh | 4.5