Excel: Fungsi Formula “PROPER” Untuk Change Case Text

Oke sebelumnya saya pernah bahas tutorial excel yaitu cara melindungi formula excel agar tidak rusak dengan Password, sekarang kita lanjutkan belajarnya, kali ini kita belajar tentang rumus atau formula excel untuk Change Case excel untuk mengubah text menjadi Kalimat judul. Misalnya text yang tidak beraturan seperti ini “cara Membuat aplikasi KWITANSI dengan Excel” penulisan judul seperti itu salah menurut Bahasa Indonesia, yang benar adalah Cara Membuat Aplikasi Kwitansi Dengan Excel“, baik lanjutkan membaca pada paragraf selanjutnya.

Jika menggunakan program Microsoft Office Word, membuat text judul mudah saja, tool yang digunakan dalam Office Word adalah “Change Case” dan “Capitalize Each Word”, namun dalam Excel tool itu tidak ada, oleh karena itu kita harus menggunakan formula “PROPER” untuk melakukannya.

Simak contoh berikut ini:
– Buka program Microsoft Excel
– Coba tulis kata-kata berikut ke dalam sel A1 sampai A4:

A1:Gunung tujuh
A2:delapan tujuh
A3:LIMA LIMA
A4:sembilan SEMBILAN

Nampak tidak beraturan penulisannya kan?, untuk merubah ke dalam text judul yang benar kita bisa menggunakan formula “PROPER”

– Tulis formula =PROPER(A1) dan copy paste pada sel B2 dan seterusnya ke baris bawah, maka text yang tadinya tidak beraturan sekarang menjadi benar, sesuai dengan text judul.

Lihat gambar:

Fungsi Formula PROPER Untuk Change Case Text Excel

Oke, demikian informasi Teknik Change Case menulis text judul dalam Program Microsoft Excel, semoga menambah wawasan anda dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, jangan lupa untuk terus update informasi seputar Teknologi dan Review Gadget di delapantujuh.

Excel: Fungsi Formula “PROPER” Untuk Change Case Text | delapantujuh | 4.5