Fitur-fitur Terbaru Android O (Oreo)

Google telah merilis versi final dari Android O atau Android oreo yang merupakan Android versi ke 8 sebagai sistem operasi Android terbaru, tentunya banyak fitur dan pembaruan penting pada OS besutan Google ini, diantaranya baterai yang lebih tahan lama, picture in picture mode, lebih banyak kontrol pada notifikasi, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur Android O sendiri akan saya ulas di postingan saya berikutnya secara terpisah.

Android O

Google telah menguji Sistem Operasi Android O pada perangkat Pixel, Nexus 5X dan Nexus 6P. Bagi yang memiliki ponsel-ponsel tersebut sangat beruntung karena sudah bisa menikmati lebih dulu fitur dan kelebihan dari Android 8 Oreo.

Kabarnya, Google telah bekerja sama dengan Samsung, HTC, Huawei, dan produsen esensial lainnya untuk membawa Oreo ke perangkat yang dibuat oleh perusahaan tersebut tahun ini, keduanya sebagai upgrade dan untuk tanggal peluncuran perangkat terbaru dari produsen-produsen ponsel tersebut.

Android O memperkenalkan beberapa perubahan pada OS Android yang seharusnya menarik bagi pemilik smartphone, termasuk masa penggunaan baterai yang lebih baik, peningkatan kinerja dan perubahan pada notifikasi. Perangkat yang terdaftar di Android O beta, yang cukup mudah dipasang, juga akan mendapatkan versi final ini. Jadi, satu-satunya pengguna yang mengunduh Android O adalah pemilik perangkat Pixel, Pixel XL, Pixel C, Nexus 6P, Nexus 5X, dan Nexus Player. Ke depan tentunya akan support untuk berbagai perangkat.

Pertama, pada perangkat yang kompatibel, buka browser web Anda, arahkan ke http://g.co/androidbeta dan masuk ke akun Google Anda. Kemudian, gulir ke bawah halaman berikut dan temukan bagian Perangkat yang Layak, lalu tekan tombol Enroll Device.

Selanjutnya, periksa kotak “Saya menyetujui persyaratan program beta” atau “I agree to the terms of the beta program”, dan ketuk “Join Beta”. Anda kemudian akan melihat pesan di perangkat yang mengkonfirmasikan bahwa Anda telah mendaftarkan perangkat itu dalam program Android Beta.

Sebelum Anda mengetuk “Download” pada pemberitahuan System Update Available, Anda harus memastikan untuk membackup seluruh data pada ponsel anda, karena dengan menginstall OS Android versi terbaru berarti anda menghapus semua data gambar, video, aplikasi, setting pada perangkat.

Setelah mengetuk Download, ikuti saja petunjuk di layar untuk menginstal Android O. Meskipun ini adalah versi Beta, dan mungkin masih ada bug, versi yang dirilis pada akhir bulan Juli nampaknya hampir final, jadi tidak akan jauh berbeda dengan versi final terbaru.

Fitur-fitur Terbaru Android 8 Oreo

 

  1. Daya tahan baterai lebih lama

Android terus memperbaiki diri dari sisi ini, dari versi ke versi, Android selalu memperbaiki daya tahan baterai ponsel dengan menghemat penggunaan aplikasi yang berjalan.

  1. Kontrol notifikasi

Anda bisa mengontrol notifikasi yang datang di ponsel anda dan bisa diatur sesuai dengan kategorinya.

  1. Picture-in-picture mode

Dengan fitur ini anda masih bisa menonton video pada aplikasi video semacam Youtube, Video Player dalam sebuah jendela kecil. Anda bisa beraktifitas mengetik chatting sambil tetap menonton video sampai tuntas.

  1. ADAPTIVE ICONS

Anda bisa mengatur ikon sesuai keinginan sesuai tema, bisa ikon berbentuk bulat, persegi, dan bentuk-bentuk lainnya. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mengubah ikon menjadi lebih menarik.

  1. Sound yang lebih baik

Android O telah menambahkan banyak codec pada sistem terbaru ini sehingga kualitas audio menjadi lebih bagus dari berbagai perangkat headset anudio.

  1. BETTER AUTOFILL SUPPORT

Ini mungkin terdengar membosankan, namun sebenarnya bisa menjadi fitur yang sangat membantu: Google menerapkan API Isi Otomatis baru yang memungkinkan pengguna memilih aplikasi penyimpanan kata sandi dan data untuk bertindak sebagai aplikasi isi ulang pilihan mereka.

Mengapa ini penting? Karena banyak orang menggunakan aplikasi pengelolaan kata sandi untuk mengamankan dan menyimpan info vital mereka, dan sekarang Google akan menerapkannya secara mulus. Menurut Google Dave Burke, VP Teknik, ini akan berfungsi seperti memilih aplikasi keyboard.

  1. Multi Display

Kita harus melihat betapa bergunanya ini bagi pengguna rata-rata, ini sangat bermanfaat untuk penggunaan aktivitas pada tampilan jarak jauh. Tampilan Chromebook dengan Chrome OS menjadi lebih bersahabat dengan Android.

Fitur-fitur Terbaru Android O (Oreo) | delapantujuh | 4.5