Mencoba Modem Cyborg E8388 Kecepatan 300 Mbps Plus Antenna

Modem paling bagus dan paling buruk – Sudah setahun lamanya saya menggunakan Mifi Smartfren Andromax, ketika pertama kali pakai Andromax M2y yang terbilang cepat hingga 250kbps untuk daerah saya, sampai sampai baterainya melendung atau bergelembung dan memutuskan untuk beralih ke Andromax M3z, tapi heran kenapa kecepatannya menjadi sangat lemah hingga 25kbps. Dengan kecepatan demikian tidak akan cukup untuk menunjang kegiatan Blogging. Lalu saya oprek tuh Mifi, niatnya mau ditambahkan antenna, eh malah rusak modemnya dan nggak dapet signal sama sekali, lalu saya kembali ke Andromax M2y yang beberapa waktu yang lalu saya beli dengan harga 300 ribuan tanpa ada bonus pulsa ataupun kuota internet. Ternyata kecepatannya hanya 25kbps kadang-kadang hingga 70kbps itu pun sangat jarang karena signal yang masih minim.

Saya juga pernah mencoba modem Telkom Flash yang ternyata tidak banyak membantu, meski pun signal yang didapat cukup stabil karena bisa saya letakkan di atap rumah dengan bantuan Wifi Router, baca review Wi-Fi router TP-LINK 3020 FCEA9A 300 Ribuan. Kecepatan download yang didapat hanya 30 kbps hingga 60 kbps jika tidak pada jam sibuk.

Kemudian saya browsing-browsing toko online,mencari modem yang mendukung banyak fitur dan harganya murah, ternyata di Indonesia sekarang legi ngetren menggunakan Mifi, mungkin alasannya bisa digunakan bersamaan dengan perangkat lain. Keuntungan dari Mifi adalah apapun HP yang digunakan meskipun belum mendukung koneksi 4G LTE bisa menikmati kecepatan 4G asalkan ada Wi-fi nya. Tapi menggunakan Mifi juga banyak kelemahannya, yaitu tidak bisa digunakan tanpa baterai dan tidak bisa diletakkan di atap rumah. Repot juga kan kalau harus bolak balik naik atap rumah hanya untuk charge baterai Mifi dan menyalakannya lagi.
Hingga akhirnya saya menemukan Modem bernama Cyborg E8388 dengan maks kecepatan hingga 300 mbps. Saya beli karena penasaran, kelebihan modem ini memiliki slot antenna external. Saya beli sekaligus dengan antenna Yagi 85db seharga 100 ribuan.

Spesifikasi dan Fitur Modem Cyborg E8388

Modem Cyborg E8388

4G LTE Speed up to 300 Mbps
WiFi HotSpot up to 8 devices/user
Plug ‘n Play
Wingle Modem tinggal colokan pada adaptor charger atau power bank misalnya, kita sudah bisa menikmati WiFi
Slot Antenna External

Spesifikasi :
Device Type USB LTE WiFi Stick
Indicator LED
Support FDD-LTE 850/1800 Mhz / TDD-LTE 2300 Mhz / UMTS / HSDPA / HSUPA
Chipset Qualcomms MDM9200TM
Download Speed Up to 300 Mbps
WLAN 802.11b/g/n, 2.4Ghz
Wi-Fi AP, support up to 8 users
Built-in antenna and 1 external antenna port (TS9 connector)
Slot Micro SD Memory card up to 32GB
Unlocked All Operator 4G
Connectivity USB High Speed 2.0 support
Operating System Compatible Windows XP SP3, Windows Vista SP1/SP2, Windows 7/8/10, Mac OS X 10.7, 10.8, 10.9 with latest upgrades

Kecepatan yang saya dapat adalah 200 kbps saat download menggunakan kartu Telkomsel, saya belum mencoba dengan provider lain. Untuk daerah saya tidak mendapatkan signal 4G karena memang daerahnya masih sangat jauh dari perkotaan, namun dengan kecepatan tersebut saya cukup puas dan bisa menunjang kebutuhan internet harian saya.

Kesimpulan saya untuk modem Cyborg E8388 ini cukup puas, karena inilah modem yang paling cepat dan stabil yang pernah saya beli.

Tips memilih modem dan provider internet untuk daerah pedesaan

Untuk yang berada di lokasi yang jauh dari perkotaan atau berada di pegunungan, maka memilih modem haruslah cermat. Cobalah tes dulu provider internet satu persatu dengan menggunakan ponsel, tes internetnya dan pilihlah yang paling cepat, tesnya dengan download biar kelihatan kecepatannya.

  • Pastikan modem yang akan anda beli mendukung 2G, 3G dan 4G.
  • Pastikan juga modemnya memiliki slot antenna external.
  • Pastikan modemnya bisa dipasang di router, karena ada beberapa modem yang tidak bisa dipasang di router. Baca cara setting router TP-LINK
  • Pakailah router dan letakkan di tempat yang bisa diakses dari mana saja, agar bisa digunakan untuk Laptop, HP, Desktop PC dan lain-lain.
  • Bantu dengan antenna external dengan db yang tinggi, jadi mending memilih antenna dengan 85 db dari pada yang 55 db.
  • Pasang antenna di luar rumah dengan ketinggian minimal 5 meter diatas tanah dan arahkan antena ke BTS yang tidak terhalang.

Gambar Antenna Modem 85 Db

Antenna jenis ini jelas lebih baik dari pada Antenna jenis indoor portable macam Omni Minimax G45 4G 45db.

Itulah tips saya untuk masalah koneksi internet lemah di pedesaan yang jauh dari BTS internet provider. Jangan terburu-buru untuk memasang internet rumahan, karena biayanya akan sangat besar karena biaya penambahan kabel yang panjang karena masih jauh dari perkotaan. Jika sudah menjadi kebutuhan, internet haruslah stabil biar nyaman dalam menjalankan semua aktifitas online anda.

Pencarian masuk:

  • Cara seting modem cyborg wingel
  • cara setting modem cyborg e8388
  • mifi dengan kecepatan 300 mbps
Mencoba Modem Cyborg E8388 Kecepatan 300 Mbps Plus Antenna | delapantujuh | 4.5