Mencoba Wi-Fi router TP-LINK 3020 FCEA9A 300 Ribuan

delapantujuh.com – Mencoba Wi-Fi router TP-LINK 3020 FCEA9A – Wi-Fi router adalah sebuah perangkat yang mampu memancarkan sinyal hotspot dan memancarkan koneksi internet melalui Kabel LAN untuk yang ingin berinternet-an dengan PC. Wi-Fi router adalah solusi internet untuk sekeluarga, coba anda bayangkan jika saja dalam sekeluarga mempunyai 3 orang yang memiliki Smartphone, jika ingin mengakses internet harus daftar paket internet masing-masing, belum lagi jika di rumah anda ada Laptop, harus lagi menyiapkan modem dan paket internetnya. Dengan Wi-Fi router anda bisa menghemat paket internet seisi rumah dengan hanya menggunakan satu paket internet pada modem yang dipasangkan di Wi-Fi router. Harga Wi-Fi Router ini berkisar antara 200 hingga 300 ribuan untuk tahun 2016, anda bisa membelinya di Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Bhinneka atau Blibli.

Saya mencoba router merk TP-LINK 3020 FCEA9A, karena bentuknya yang kecil mudah dibawa kemana-mana, selain itu merk ini adalah yang paling murah diantara yang lain. Anda bisa beli di toko-toko komputer atau bisa juga dibeli melalui toko online semisal Bhinneka atau Lazada. Jika anda ingin yang lebih praktis dan penggunaan mudah, cobalah membeli Modem Mifi Andromax M2y 4G, namun tidak ada port untuk kabel LAN.

Fitur Wi-Fi router TP-LINK 3020 FCEA9A

– Support modem USB CDMA, EVDO, 3G dan 4G. Semua operator seluler yang ada di Indonesia baik GSM atau CDMA sudah ada di data base, jadi untuk konfigurasi dijamin tidak akan menemui kesulitan.
– Bentuknya kecil dan portable, tidak ribet jika dibawa kemana-mana.
– Konfigurasi mudah, baik menggunakan PC Windows, Linux, atau Mac. Dengan Ponsel pun bisa asalkan HP yang ada Wi-Fi-nya, jadi tidak melulu harus dikonfigurasi melalui PC.
– ini alahsatu solusi bagi anda pengguna PC Linux, karena biasanya modem yang banyak beredar belum mendukung OS Linux, kalaupun bisa itu harus dengan teknik tertentu dan sulit untuk pengguna awam.
– Portable, power bisa dengan menggunakan power bank, tidak melulu harus tersambung dengan colokan listrik.
– Langsung konek, Tidak perlu instalasi driver. Ketika Router ini dinyalakan, perangkat akan otomatis mendeteksi modem dan langsung konek ke internet.

Kekurangan Wi-Fi router TP-LINK 3020 FCEA9A

– Kabel power pendek
– Kable LAN bawaannya juga pendek
– identifikasi modem cukup lama sekitar 1 menit
– Jarak jangkauan router sekitar 30 meter jika tidak terhalang dinding, router tidak terjangkau jika terhalang dinding tembok.

Cara Konfigurasi Wi-Fi Router TP-LINK POCKET 3020 FCEA9A

– Nyalakan router
– Jika menggunakan PC sambungkan kabel LAN dari PC ke router, jika menggunakan ponsel (harus ada Wi-Fi) atau menggunakan Wi-Fi laptop, aktifkan Wi-Fi-nya.
– Lalu buka browser anda, bebas browser apa saja, untuk pengguna ponsel lebih baik anda menggunakan browser bawaan.
– di address bar maukkan alamat 192.168.0.254, atau jika beda model lihatlah IP addresnya di casing router anda.
– router akan meminta login, masukanlah username dan password “admin”, seperti terlihat pada casing router.
– Tampilannya akan seperti gambar di bawah ini:

 

Konfigurasi Wi-Fi Router TP-LINK

 

 

– Selantujnya colokkan modem ke router
– Router akan mendeteksi modem anda, jika sudah terdeteksi silahkan klik “Quick Setup” di kiri atas.
– Selanjtunya anda tinggal klik “next” dan “next” saja, dan jangan lupa pilih operator yang anda gunakan di modem anda, anda tinggal next lagi sampai finish.

 

Konfigurasi Wi-Fi Router TP-LINK Langkah 2
– Jika konfigurasi tidak ada yang salah, maka modem akan secara otomatis connect ke internet, anda busa juga mengganti SSID dan password wireless anda pada Quick setup, anda bisa juga setting Bandwith dan maksimal jumlah pengguna router anda.

Router ini sangat terasa manfaatnya, dulu saya sempat kebingungan karena di rumah ada Laptop dan Smartphone, Laptop biasa menggunakan modem CDMA sebagai sumber internet sedangkan Smartphone saya GSM, jika ingin berinternetan dengan Ponsel harus beli lagi paket internet. Dengan menggunakan router ini internetan dari Smartphone ngikut saja ke router ini, internetan dengan Wi-Fi di Smartphone tidak terlalu menguras baterai lho, beda dengan internetan dengan menggunakan ISP. Oke demikian penjelasan saya mengenai Wi-Fi router TP-LINk dan cara konfigurasinya.

Mencoba Wi-Fi router TP-LINK 3020 FCEA9A 300 Ribuan | delapantujuh | 4.5