Mudahnya Membeli Aplikasi Android yang hanya dengan Pulsa

Sejak dua tahun lalu, pengguna Android di Indonesia dimudahkan dengan adanya metode Google Carrier Billing. Metode yang memungkinkan kita membeli aplikasi berbayar yang ada di Google Play Store dengan mudah. Jika dulu kita wajib memiliki kartu kredit, kini cukup lewat operator yang digunakan. Ya, metode Carrier Billing ini memungkinkan kita membeli aplikasi berbayar dengan saldo pulsa yang dimiliki.

Jika kamu tertarik atau berencana membeli aplikasi dengan inovasi baru ini, sebaiknya ketahui dulu syarat dan tata caranya. Dua syarat untuk bisa menggunakan Carrier Billing ialah memiliki akun di Gmail dan memakai operator yang sudah bekerja sama dengan Google. Setelah itu, aktifkan Carrier Billing, untuk kemudahan membeli aplikasi, buku, dan konten lainnya di Play Store. Misalnya anda ingin membeli item di game Walking Dead, itu sekarang sangat mudah.

Bagaimana caranya?

Mudahnya membeli Aplikasi Android hanya dengan Pulsa

Sumber: MobileEcosystemForum.com

Ada beberapa langkah yang bisa diikuti. Untuk kamu yang menggunakan kartu Simpati bisa mengikuti panduannya di bawah ini:

  1. Buka terlebih dahulu jendela Play Store dari smartphone Android milik kamu. Lalu klik menu bergambar tiga garis sejajar yang berada di pojok kiri atas. Ada sejumlah pilihan dan pilih tabAccount“.
  1. Di halaman ini klik tabPayment methods“. Kamu akan menemukan 3 pilihan pembayaran seperti Add credit or debit card, Use Telkomsel Billing, dan Redeem code. Pilih opsi Use Telkomsel Billing untuk mengaktifkan Carrier Billing dan menghubungkannya ke operator yang kamu gunakan.
  2. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan pemotongan saldo pulsa dan verifikasi akun. Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon, nama, hingga alamat. Jika semua data sudah terisi, klik opsi save.
  3. Jika sudah selesai tunggu pemberitahuan via sms dari Google. SMS tersebut adalah tanda bahwa opsi Carrier Billing sudah aktif dan bisa digunakan.

Dengan metode ini kamu bisa membeli aplikasi, game, buku, majalah, dan konten-konten lain yang berbayar. Prosesnya simple dan menariknya ada sistem refund (pengembalian biaya). Jadi, jika kamu kurang suka dengan aplikasi yang dibeli bisa di-refund dengan proses paling lama 24 jam.

Namun, perlu diketahui bahwa ada pajak 10 hingga 12 persen yang dibebankan kepada kita, selaku pembeli yang menggunakan Carrier Billing. Misalnya harga aplikasi berbayar Rp20 ribu, maka saldo yang akan dipotong sekitar Rp22 ribu ke atas. Untuk itu, pastikan saldo pulsa cukup dan gunakan aplikasi Traveloka jika ingin bisa isi ulang secara cepat, mudah, dan murah.

Sebaliknya, jika kamu melakukan refund, maka tidak akan ada pemotongan. Operator akan mengembalikan saldo yang kamu miliki seperti semula, yakni harga aplikasi dan pajaknya. Lalu, bagaimana cara membeli aplikasi dan konten seru berbayar dengan metode ini?

  1. Pertama-tama cek dulu saldo yang dimiliki. Apakah cukup untuk membeli aplikasi yang diinginkan.
  2. Lalu masuk ke Play Store dan pilih aplikasi, games, film, buku, majalah, dan lain-lain yang ingin kamu beli. Klik aplikasi tersebut dan pilih opsi “buy” atau opsi bertuliskan harga aplikasi.
  3. Ikuti prosesnya seperti memasukkan password untuk login ke Google Account kamu, lalu klik “confirm” untuk bisa membeli lewat operator Simpati.
  4. Tunggu proses unduhannya dan pembelian aplikasi berbayar sudah selesai dilakukan. Nantinya, kamu akan mendapatkan SMS pemberitahuan berhasil melakukan pembelian.
  5. Biasanya kamu juga diminta memberikan konfirmasi untuk memilih antara mengisi password security setiap mengisi form atau setiap 30 menit. Pilih sesuai keinginan.

Selesai dan kamu bisa menggunakan aplikasi yang sudah dibeli. Untuk aplikasi-aplikasi yang memakan banyak kuota data, pastikan kamu memilih paket internet yang tepat. Pilihan paket bisa dilihat via Traveloka dengan penawaran menarik pada kenyamanan pembelian. Bagi yang menggunakan kartu Smartfren, anda bisa lihat daftar paket internet Smartfren terbaru yang sudah saya tulis beberapa waktu yang lalu.

Metode pembelian Carrier Billing ini jauh lebih diminati masyarakat Indonesia, ketimbang pembelian dengan kartu kredit. Alasannya, karena tidak semua orang menggunakan kartu kredit dan kemudahan proses pembelian. Kini, siapa pun dan di mana pun kita bisa membeli konten-konten premium di Google Play Store.

Apakah semua operator sudah menggunakan Google Carrier Billing?

Hampir semua operator besar di Indonesia sudah memiliki motode satu ini. Untuk mengetahui informasi detail kamu bisa mengunjungi situs resmi dari masing-masing operator. Sebaiknya kamu membaca dan memahami syarat, ketentuan, dan tata caranya, agar tak menemukan kendala. Semoga informasi ini bermanfaat!

Pencarian masuk:

  • cara membaca otg di xiaomi redmi 3s pro
  • review wifi smartfren
Mudahnya Membeli Aplikasi Android yang hanya dengan Pulsa | delapantujuh | 4.5