Pengertian Macro dalam Microsoft Excel

delapantujuh.com – Sebelumnya saya sudah mengulas pengertian dari Spreadsheet, Workbook, Worksheet, Columns, Rows, Cells, Sheets dan Conditional Formatting. Sekarang akan saya paparkan secara singkat apa yang dimaksud dengan Macro. Macro digunakan pada beberapa aplikasi Office semisal Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, AutoCad dan lain-lain.

Gambar Contoh Macro pada Visual Basic Applications (VBA) Excel

Gambar Contoh Macro pada Visual Basic Applications (VBA) Excel

Macro adalah sebuah sistem input otomatis yang merekam jejak Keyboard dan mouse. Macro biasanya digunakan untuk menggantikan rangkaian berulang tindakan mouse dan keyboard yang umum digunakan pada aplikasi-aplikasi yang saya sebutkan di atas. Ekstensi file dari Macro umumnya .mac. Konsep macro populer juga di kalangan Gamer MMORPG (Massively Multiplayer Online game Role-Playing) dan spesialis Search Engine Optimization (SEO).

Dengan menggunakan Macro, pengguna dapat meringkas waktu pekerjaan yang biasa dikonsumsi untuk pekerjaan yang sama. Beberapa Macro seperti yang ada di Microsoft Excel juga mengandung Fungsi. Macro di Microsoft Excel dengan merekam jejak Mouse dan keyboard dengan menggunakan Macro Recorder, hasil rekaman macro akan tersimpan di Visual basic yang terdiri dari kode-kode. Kode-kode tersebut bisa disimpan di notepad, dan dijalankan kembali di lain waktu dengan menggunakan Macro dan VBA. Sebuah macro dapat dijalankan dengan hanya mengklik sebuah menu sebuah program, atau bisa juga dengan menggunakan Shortcut untuk menjalankan macro itu.

Pada dasarnya komputer kita berjalan dengan macro, jadi hal-hal yang kita lakukan di komputer pada dasarnya adalah menjalankan kode-kode yang diterjemahkan oleh software untuk menjadikan hal-hal tertentu. Dengan macro, pekerjaan akan menjadi semakin singkat dan aplikasi yang dibuatpun semakin menarik.

Demikian penjelasan delapan tujuh mengenai pengertian Macro, jika sudah paham, anda bisa langsung belajar menggunakan macro pada Excel, di artikel ini anda bisa belajar bagaimana cara membuat dan menjalankan Macro dan VBA dalam Microsoft Excel.

Langkah berikut adalah untuk menginstall kode macro agar dapat dijalankan pada aplikasi Microsoft Excel anda.

1. Pastikan Tab Developer sudah tampil, jika belum ikuti langkah berikut:
– Buka Microsoft Excel
– Klik Excel Button di pojok kiri atas
– Pilih “excel options”

– Centang pada “show developer tab on the ribbon” ini untuk Excel 2007, untuk pengguna Excel 2010 dan 2013, cara menampilkan developer Tab bisa dilihat disini.
2. Akses Visual Basic dengan cara tekan “Alt + F11″ di keyboard, atau dengan klik “Developer” dan klik “Visual Basic”
3. Klik kanan pada sheet yang aktif misalnya sheet1 arahkan Kursor ke“Insert” dan klik “module”
4. Paste kode macro yang akan dijalankan
5. Kembali ke Microsoft Excel, dengan cara tekan “Alt +F11″ pada keyboard

6. Pada tab “developer” klik “Macros”

7. Untuk menjalankan Macro tinggal klik “Run”

Bagi anda yang ingin belajar lebih lanjut mengenai VBA dan macro Microsoft Excel, anda bisa mengunjungi situs resmi Microsoft disini.

Pencarian masuk:

  • pengertian macro
  • pengertian macros
  • macro adalah
  • macro excel adalah
  • fungsi macro pada excel
  • pengertian macro excel
  • fungsi macros
  • pengertian excel macro
  • fungsi macro
  • macro pada excel
Pengertian Macro dalam Microsoft Excel | delapantujuh | 4.5