Review Kelebihan SSD vs HDD, Mana Lebih Baik?

Review Kelebihan SSD vs HDD dalam Istilah Komputer – SSD singkatan dari Solid State Drive, sebuah teknologi penyimpanan yang lebih baru dibanding HDD. Sedangkan HDD singkatan dari Hard Disk Drive adalah sebuah perangkat penyimpanan data komputasi yang sudah sangat lama dikenal masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi yang bertujuan untuk memudahkan perkerjaan setiap hari, teknologi penyimpanan juga berkembang, salahsatunya adalah kemunculan teknologi SSD. Salahsatu Laptop yang sudah menggunakan penyimpanan SSD adalah LENOVO IdeaPad YOGA 700 6DID.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli Laptop, maka teknologi penyimpanan juga harus anda pertimbangkan, sekilas saja jika SSD memiliki harga yang sangat tinggi, bisa 9 kali lipat dari HDD namun dengan keunggulan baca dan transfer data juga yang berlipat ganda dibanding HDD. HDD memiliki harga yang jauh lebih murah namun dengan pembacaan dan transfer data yang lebih lambat dibanding SSD. Mari kita uraikan perbedaan antara SSD dan HDD di bawah ini.

Perbedaan antara SSD dan HDD

Apa itu SSD?

Jika anda mau berbelanja Komputer atau laptop, mungkin anda bertanya-tanya, seberapa pentingkah SSD? Untuk memahami secara dasar SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. Anda mungkin telah mendengar tentang memori stik USB. Ya, SSD bisa juga dikatakan versi besar dan lebih canggih dari yang sederhana memory stick USB. Seperti Memori Stick, tidak ada yang bergerak pada SSD, semua data tersimpan dalam microchip. Sebaliknya, hard disk drive (HDD) menggunakan lengan mekanis yang bergerak untuk membaca / menulis dan membaca informasi dari lokasi yang tepat di piring penyimpanan. Perbedaan inilah yang membuat SSD jauh lebih cepat. Sebagai analogi saja, SSD ibarat kita mengambil buku yang sudah kita ketahui tempat menyimpannya, sedangkan HDD kita mengambil buku dengan harus mencarinya terlebih dahulu. Dengan analogi tersebut mungkin anda sudah sedikit memahami perbandingan antara SSD dan HDD.

Sebuah penyimpanan SSD menggunakan memori flash NAND, ini adalah jenis memori non-volatile yang berarti data yang tersimpan di dalamnya akan bertahan lama. Perlu anda ketahui dalam perangkat keras penyimpanan, itu bisa saja terjadi kelunturan yang menyebabkan data dalam sebuah Disk hilang, ketika awal mulai teknologi SSD diperkenalkan diklaim data yang tersimpan di dalam SSD akan bertahan sampai 200 tahun.

SSD tidak memiliki lengan mekanis untuk membaca dan menulis data yang selama ini dikenal dengan Controller, dalam pembacaan atau penulisan data performa kecepatannya itu tergantung pada lancarnya Controller. Dalam SSD tugas itu tidak ada, jadi ini juga yang membuat SSD lebih cepat dibanding HDD.

Faktor bentuk SSD sebenarnya sama dengan hard drive biasa. Tersedia dalam standar 1,8 “, 2,5″, atau 3,5”. Ukuran-ukuran tersebut kompatible dengan konektor SATA. Ada juga SSD yang lebih kecil yang khusus untuk digunakan pada mini-SATA (mSATA) dan masuk ke dalam slot mini-PCI Express dari sebuah laptop.

Bagian atas SSD
Bagian atas SSD
Bagian bawah SSD
Bagian bawah SSD

Apa itu HDD?

HDD adalah singkatan dari Hard Disk Drive, ini adalah sebuah perangkat keras penyimpanan data
yang sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia komputer. HDD pertama kali diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1956, ya makhluk ini sudah hampir 60 tahun di dunia teknologi. HDD menggunakan magnet untuk menyimpan data di piringan yang berputar. Sebuah lengan mengapung di atas piringan untuk membaca dan menulis data. Semakin cepat piring berputar, semakin cepat HDD dapat melakukan tugasnya. Khas laptop drive saat ini berputar di 5400 RPM (Revolutions per Minute) atau 7200RPM, meskipun beberapa piring berbasis server berputar sampai dengan 15.000 RPM.

Keunggulan yang paling telak dari HDD atas SSD adalah pada harga, meskipun pemilihan perangkat ditentukan dengan banyak aspek, namun salahsatu aspek yang paling kuat dalam menentukan pilihan penyimpanan adalah masalah harga. Seperti yang sudah saya katakan diatas harga SSD bisa sembilan kali lipat dari harga HDD per byte-nya. Misalnya harga 500 GB SSD merk Samsung berharga hampir 2 juta, sedangkan HDD dengan kapasitas yang sama 500 GB memiliki harga kisaran 500 ribu sampai 700 ribu. Jadi sudah jelas bahwa HDD sangat unggul dari sektor ini.

Selanjutnya dari segi bentuk, HDD dasarnya terlihat sama dari luar seperti SSD. HDD dominan menggunakan antarmuka SATA. Ukuran yang paling umum untuk hard drive laptop adalah 2,5 dan 3.5 ukuran dibedakan untuk Laptop dan komputer desktop. Ukuran yang lebih besar biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar dan komponen piringan yang lebih dlam. Beberapa hard drive desktop dapat menyimpan data hingga 6TB.

Bentuk HDD bagian atas
Bentuk HDD bagian atas
Bentuk HDD bagian bawah
Bentuk HDD bagian bawah

Alasan memilih HDD
– Harga lebih murah kapasitas lebih besar, tidak peduli pada seberapa cepat booting Komputer, menyimpan dokumen, membuka gambar dan sebagainya.

Alasan memilih SSD
– Performa sangat cepat, tidak peduli biaya yang dikeluarkan dan produktifitas anda dibatasi dengan kapasitas penyimpanan yang sedikit.

Kesimpulan
HDD masih menjadi yang paling populer di kalangan masyarakat pengguna komputer umum karena harga yang dikeluarkan jauh lebih murah dan berkapasitas lebih besar, namun untuk pengguna Laptop yang mobile dan butuh kinerja tinggi, maka SSD juga menjadi pilihan yang bisa diperhitungkan.

Pencarian masuk:

  • ssd vs hdd
Tags:HDD, SSD
Review Kelebihan SSD vs HDD, Mana Lebih Baik? | Muhamad Latif | 4.5