Review Moto Z dan Moto Z Force (2017) Terbaru

Moto Z Force

Moto Z Force

Motorola bekerjasama dengan Lenovo untuk menghadirkan inovasi smartphone dengan sentuhan yang berbeda. Salah satunya ada pada duet kembar Motorola Z dan Motorola Z Force yang dirilis di bulan September lalu.  Masa vakum yang cukup panjang, rupanya membuat Motorola langsung merilis keluaran terbaru yang bukan hanya langsung mengeluarkan dua senjata andalan, namun spesifikasi yang ditawarkan pun sangat terbaru dan berbeda dengan smartphone merk lainnya. Smartphone ini siap bersaing dalam ajang pasaran kelas premium yang ketat.

Dua varian yang dirilis dua sekaligus ini memiliki perbedaan. Motorola Z Force lebih premium dengan mengandalkan spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan rekannya yaitu Moto Z, salah satunya perbedaannya ada pada segi kualitas kamera. Penasaran kira-kira seperti apa ya spesifikasi lengkap Motorola Z dan Motorola Z Force ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Sekilas Mengenai Spesifikasi Moto Z dan Moto Z Force

Jika melihat sekilas mengenai tampilannya, keduanya memiliki desain yang berbeda. Untuk Moto Z cenderung memiliki desain yang sangat tipis dan terkesan lebih premium bila dibandingkan dengan Moto Z Force. Hanya sayangnya karena bentuk slim inilah membuat smartphone tersebut tidak memiliki port jack audio dan memiliki daya baterai lebih kecil dibandingkan Moto Z Force, yaitu apabila Moto Z memiliki daya baterai 2.600 mAh, sedangkan Moto Z Force memiliki daya 3.500 mAh.

Moto Z

Moto Z

Perbedaan lainnya ada pada kamera dimana untuk smartphone Moto Z sudah memiliki kamera belakang resolusi 13 MP ditambah fasilitasnya berupa laser autofocus, OIS, dan dua LED flash, sedangkan untuk Moto Z Force ini lebih besar lagi dengan resolusi 21 MP dengan fitur yang serupa dengan rekannya.  Jadi untuk yang mementingkan kamera sebagai fitur utamanya Moto Z Force lebih cocok di bandingkan dengan saudaranya Moto Z.

Persamaan Moto Z dan Moto Z Force ini  terletak dari perfomanya karena sama-sama memakai tenaga chipset Qualcomm Snapdragon 820, sehingga memiliki kinerja lebih cepat dan dapat diandalkan untuk multifungsi penggunaan gadget. Bila membahas dari segi layar, keduanya memiliki spesifikasi yang sama bagusnya. Keduanya juga memiliki kualitas layar yang jernih dan tajam karena dibuat dengan layar berukuran 5.5 inch dengan resolusi 1440 x 2560 pixels yang sudah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 4.

Processor keduanya masih menggunakan Android Marshmellow bukan Nougat, tapi itu tidak masalah karena Motorola kemungkinan memberikan fitur update ke sistem operasi android yang lebi tinggi. Selain itu untuk efisiensi waktu dalam pengecasan kedua smartphone terbaru Motorola ini sudah menggunakan fitur modern dimana sudah bisa charging dalam waktu yang relatif lebih singkat. Untuk performa memori keduanya dibekali dengan RAM yang cukup lega yakni sama-sama memiliki kapasitas RAM sebesar 4 GB.

Review Moto Z dan Moto Z Force (2017) Terbaru | Muhamad Latif | 4.5