Review Oppo R7 Lite Indonesia dan Spesifikasi Lengkap

Review dan Spesifikasi Lengkap Oppo R7 Lite – Meneruskan jejak dua pendahulunya yang sukses bersaing di kelas premium, yaitu R7 dan R7 Plus, Oppo kembali meluncurkan produk terbaru di R7 series yaitu Oppo R7 Lite. Berbeda dengan pendahulunya yang menyasar kelas atas, ponsel yang mulai dilempar ke pasar Internasional sejak bulan Juli 2015 dan masuk ke Indonesia pada Agustus 2017 ini ditujukan untuk middle-end yang dipertegas dari digunakannya tambahan kata ‘Lite’. Banyak yang mengatakan ponsel flagship ini merupakan versi downgrade dari R7 atau versi murah dari pendahulunya. Namun apapun sebutan yang diberikan, R7 Lite tetap mengundang perhatian gadgeters sebagaimana produk-produk Oppo yang lain. Berikut review spesifikasi Oppo R7 Lite. Harga Oppo R7 Lite di Indonesia adalah 2.7 jutaan dan sudah bisa dibeli di berbagai toko online terpopuler di Indonesia, macam Bukalapak, Tokopedia dan Blibli.com.

Gambar Oppo R7 Lite

Gambar Oppo R7 Lite

Review Lengkap Kelebihan Oppo R7 Lite

1. Desain Elegan Display Menawan
Penggunaan material metal untuk membangun struktur unibody design membuat tampilan body terkesan kokoh. Apalagi tubuh smartphone ini cukup langsing dengan ketebalan hanya 6,3 mm. Desain yang elegan ini semakin terlihat cantik berkat dukungan layar berbentang 5 inchi yang telah menggunakan tekhnologi Super AMOLED dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels. Layar tersebut tidak hanya diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3 sehingga aman dari risiko goresan dan benturan ringan, tapi juga menggunakan fitur Color OS 2.1 untuk membuat user interface lebih menarik serta menanamkan fitur Support for Gloved and Touch Input guna meningkatkan kemampuan dalam mendeteksi jari sehingga dapat digunakan oleh jari yang mengenakan sarung tangan.

Gambar Oppo R7 Lite Homescreen

Gambar Oppo R7 Lite Homescreen

2. Mesin Berperforma Tinggi
Otak yang canggih perlu digarisbawahi pada review lengkap spesifikasi Oppo R7 Lite karena dari sektor inilah kinerja ponsel sangat ditentukan. Meski tidak setinggi kemampuan hardware sebagaimana yang ditanamkan pada R7 dan R7 Plus atau ponsel-ponsel kelas atas lainnya, namun untuk ukuran middle-end mesin yang dimiliki R7 Lite cukup dapat bersaing. Mesin berperforma tinggi tersebut hadir berkat digunakannya Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 yang dirangkai dengan prosesor Octa Core (4 x 1.5 GHz Cortex-A53 dan 4 x 1.0 GHz Cortex-A53).

Kinerja mesin tersebut disuport Ram berkapasitas 2 GB untuk menggerakkan sistem operasi Android v5.1 Lollipop serta GPU Adreno 405 untuk menyempurnakan sektor grafis. Sedang ruang penyimpanan internal untuk mewadahi aplikasi yang terinstal dan berbagai data yang lain, tersedia storage berkapasitas 16 GB yang dapat diperluas menggunakan memory eksternal sampai dengan 128 GB.

3. Lini Fotografi yang Mumpuni
Berbekal lensa pada kamera utama dengan resolusi 13 MP yang dapat menghasilkan gambar dengan resolusi 4128 x 3096 pixels menjadikan hasil jepretan akan memberikan hasil yang memuaskan. Apalagi serangkaian fitur fotografi ikut melengkapi seperti LED flash, aperture f/2.2, Double Exposure, Schneider-Kreuznach Lens dan masih banyak lagi fitur yang lain. Dengan kamera yang sama, R7 Lite mampu menghasilkan gambar video beresolusi 1080 pixel pada 30 frame perdetik.

Gambar Kamera Oppo R7 Lite

Gambar Kamera Oppo R7 Lite

Kamera depan yang memiliki resolusi 8 MP plus aperture f/2.4 ikut menyempurnakan fungsionalitas ponsel karena akan memberikan hasil foto selfie yang sempurna sekaligus memberikan hasil yang prima saat digunakan untuk video call.

Mungkin anda tertarik dengan Oppo R1X

Review Kekurangan Oppo R7 Lite

Untuk mendapatkan tampilan elegan lewat desain unibody yang slim, Oppo harus mengorbankan sistem pengisi daya dengan menanamkan baterai non-removable. Banyak pihak yang mengatakan bahwa penggunaan baterai non-removable memiliki banyak sisi negatif, utamanya pada saat terjadi kerusakan pada baterai, maka ponsel ikut menjadi korban karena harus dibawa ke service centre sebab tidak ada toko atau conter yang menjual baterai non-removable.

Kekurangan lainnya adalah kecilnya kapasitas daya pada baterai yang menggunakan baterai Li-Po 2.320 mAh. Kapasitas sebesar itu terbilang minim untuk mengoperasikan ponsel dengan layar seluas 5 inchi yang memiliki resolusi HD serta menggunakan tekhnologi Super AMOLED. Untungnya R7 Lite dilengkapi fitur fast battery charging sehingga dapat mempercepat pengisian daya sampai dengan 75%.

Demikian review spesifikasi Oppo R7 Lite yang jelas tidak bisa disandingkan dengan dua pendahulunya, karena memiliki target pasar yang berbeda. (*)

Review Oppo R7 Lite Indonesia dan Spesifikasi Lengkap | delapantujuh | 4.5