Review Ricoh GR II: Spesifikasi, Hasil Foto dan Info Harga Indonesia

Kali ini mari kita lihat hasil kamera Ricoh GR II dan review kualitasnya secara keseluruhan. Harga Ricoh GR II ternyata sangat bisa bersaing dengan kamera Mirrorless lainnya, lihat hasil jepretan Ricoh GR II di bagian bawah artikel. Coba bandingkan dengan harga Nikon D3400.

Ricoh GR II adalah kamera saku kompak dengan kemampuan menyaingi kamera DSLR. Ricoh GR II memiliki resolusi kamera 16 megapiksel dengan sensor detector fotonya 17 megapiksel. Menggunakan sensor CMOS tentunya membuat kamera ini semakin langkap dan hasilnya akan baik jika digunakan.

Gambar Ricoh GR II

Kamera Ricoh seri GR II ini juga sudah dilengkapi dengan prosesor GR Engine V. Mungkin untuk beberapa pemula atau yang masih awam mengenai kamera cukup asing dengan mendengar merk Ricoh ini. Namun, kamera ini memiliki berbagai keunikan karena meskipun kamera saku yang kecil, banyak keunggulan-keungulan yang bisa diacungi jempol.

Mengenal Ricoh GR II Lebih Dalam

Ricoh GR II dilengkapi dengan body berbahan campuran magnesium sehingga nyaman digenggam oleh tangan, kuat, kokoh dan ringan. Mempunyai lensa dengan ukuran fical length 28 mm dengan aperture f/2,8 bisa digolongkan cukup baik engan bukaan yang lebar. Meskipun kamera saku, namun hasil potretannya bisa menyaingi beberapa kamera DSLR/SLR lainnya.

Ricoh GR II menghasilkan kualitas gambar dengan resolusi 4928 x 3264 dengan rasio 1:1, 4:3 3:2. Memotret dengan keadaan gelap? Tidak usah khawatir, kamera ini sudah dilengkapi dengan pengaturan ISO otomatis dan bisa juga disetting dari 100 hingga 25600.

Hasil Foto Jepretan Kamera Ricoh GR II

Hasil Foto Ricoh GR II

Hasil Gambar Ricoh GR II

Hasil Jepretan Kamera Ricoh GR II

Hasil Jepretan Ricoh GR II

Hasil Kamera Ricoh GR II

Kelebihan Ricoh GR II

Review Ricoh GR II

Ricoh GR II Sample Image

Ricoh GR II

Sumber gambar: thephoblographer.com

Baca juga: Spesifikasi dan harga Nikon D750

Lensanya memiliki fitur-fitur autofokus yang cukup lengkap, dari mulai contrast detect, multi-area, center, selective single-point, tracking, continuous auto focus, dan lain-lain. Karena ukuran kamera yang cukup kecil, untuk membawanya kemana-mana cukup mudah, ditambah lagi bobotnya yang ringan hanya 251 gram tentunya tidak akan membuat anda berat jika dibawa travelling.

Kamera ini merupakan kamera yang bisa dibilang cukup baru, maka tak heran jika sudah didukung fitur wireless dengan fitur NFC (Near Field Communication). Tentunya anda juga bisa mengontrol Ricoh GR II dengan menggunakan fitur remote control yang diintegrasikan dengan wireless menggunakan smartphone, sehingga kontrol kamera akan terasa lebih mudah lagi.

Minimum shutter speed yang dimiliki oleh kamera jenis Ricoh GR II ini adalah 300 dan maksimumnya 1/4000 detik dengan flash range 3. Meskipun dimensi kamera nya cukup mungil berkisar di 117 x 63 x 35 mm namun hal tersebut tidak membuat layar kameranya menjadi kecil juga kok. Anda akan dimanjakan dengan layar LC dengan ukuran 3 inci, sayangnya kamera ini belum menggunakan teknologi touch screen. Meskipun begitu, tombol-tombol yang ada di kamera Ricoh GR II ini mempunyai berbagai fitur yang cukup lengkap.

Karena pada dasarnya Ricoh GR II ini bukanlah kamera DSLR, sayangnya untuk fitur-fitur foto seperti foto makro, foto menerus dengan cepat, dan lain-lain, kamera ini masih belum bisa melakukan hal-hal tersebut karena terkadang hasilnya malah menjadi buram. Menggenai hasil rekaman videonya, Ricoh seri GR II sudah dilengkapi dengan speaker mono dengan microphone stereo berformat MPEG-4 H.264, resolusinya juga cukup besar meskipun belum FULL HD, adapaun resolusi rekaman video diantaranya 1920 x 1080, 1280 x 720, 640 x 480, dan lain-lain.

Spesifikasi Ricoh GR II

Body type Large sensor compact
Max resolution 4928 x 3264
Effective pixels 16 megapixels
Sensor size APS-C (23.7 x 15.7 mm)
Sensor type CMOS
ISO Auto, 100-25600
Focal length (equiv.) 28 mm
Max aperture F2.8–16
Articulated LCD Fixed
Screen size 3″
Screen dots 1,230,000
Max shutter speed 1/4000 sec
Format MPEG-4, H.264
Storage types SD/SDHC/SDXC
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
Weight (inc. batteries) 251 g (0.55 lb / 8.85 oz)
Dimensions 117 x 63 x 35 mm (4.61 x 2.48 x 1.38″)
GPS None

Beberapa fitur editing foto juga sudah dipasang pada kamera mungil yang satu ini. Baterainya menggunakan DB-65 lithium-ion battery & charger dan sudah terbukti cukup hemat ketika digunakan untuk jarak jauh. Ricoh GR II dibanderol dengan harga yang murah tentunya dirasa bisa menyaingi beberapa kamera saku lainnya mengingat beberapa spesifikasinya sudah cukup mempuni bahkan bisa menyerupai kamera DSLR pada umumnya.

Review Ricoh GR II: Spesifikasi, Hasil Foto dan Info Harga Indonesia | delapantujuh | 4.5